UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR (UIM)

PASCASARJANA IAIN TERNATE DAN FAKULTAS AGAMA ISLAM UIM JALIN KERJASAMA

 

Kerjasama dan penandatanganan MoU antara FAI UIM dengan IAIN Ternate serta Yayasan Pendidikan Amar Ma’ruf kabupaten Bone berlangsung di ruang rapat fakultas Agama Islam UIM lantai 1, Sabtu, 11 Januari 2020.

Penandatanganan dilakukan oleh Dekan Fakultas Agama Islam, Dr. H. M. Ruslan, Lc, M.A dan Dr. Agus Mustamin, M.Pd.I, dosen Pascasarjana IAIN Ternate.

Didampingi oleh Wakil Dekan I dan II, pendandatanganan berjalan dengan baik. Hadir pula perwakilan mahasiswa dari seluruh program studi di fakultas Agama Islam. Turut disaksikan pula oleh seluruh ketua program studi fakultas Agama Islam UIM.

Setelah pendadatangan berlangsung, fakultas Agama Islam UIM melanjutkan agenda dengan menggelar kuliah tamu. Pengisi materi adalah Dr. Agus Mustamin. Ketua yayasan Pendidikan Amar Ma’ruf, Bone ini membawakan materi terkait dengan metodologi penyusunan kurikulum mutakhir untuk penguatan program studi dan fakultas serta universitas. Dosen pascasarjan IAIN Ternate ini menjelaskan, kerangka penyusunan kurikulum harus bedasar pada amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 tentang kurikulum menyebutkan bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Serta berlandas pada aturan yuridis formal.  

Sistem pendidikan tinggi dilihat sebagai sebuah proses akan memiliki empat tahapan pokok, yaitu: (1) masukan, (2) proses, (3) luaran, dan (4) hasil ikutan (outcome). Yang termasuk ke dalam kategori masukan antara lain adalah dosen, mahasiswa, buku, staf administrasi dan teknisi, sarana dan prasarana, dana, dokumen kurikulum, dan lingkungan, ujar Agus dalam materinya. (mn)

Translate »