UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR (UIM)

FAKULTAS AGAMA ISLAM UIM SASAR CALON MABA DARI ALUMNI PESANTREN

 

Tahun akademik 2020/2021 Universitas Islam Makassar (UIM) menargetkan menerima dua ribu mahasiswa baru. Kampus ini berlokasi di Jl Perintis Kemerdekaan KM 9, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Suasana pembangunan kampus UIM mengajak imajinasi berselancar akan dinamika kemajuan UIM di masa depan.

Sebanyak sembilan fakultas terdiri dari puluhan prodi dan Pascasarjana ditawarkan kepada calon mahasiswa yakni, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Mipa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra dan Humaniora, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Program Pascasarjana.

Fakultas Agama Islam UIM, yang di bawah kepemimpinan Dr. H. M. Ruslan Wahab, Lc, MA ini di tahun akademik 2020/ 2021 menargetkan minimal 300 Mahasiswa Baru (Maba) yang akan diterima. Fakultas Agama Islam sasar alumni pesantren untuk menjadi mahasiswa Fakultas Agama Islam UIM. Sebab, alumni pesantren mampu memberi sinegritas keagamaan di lingkungan kampus.

Adapun alur pendaftaran, panitia membuka sistem online di uim-makassar-ac.id serta manual di sekretariat penerimaan mahasiswa baru 2020, lantai satu Fakultas Agama Islam Makassar.
Syarat pendaftaran meliputi pengisian formulir pendaftaran, mengumpulkan fotokopi ijazah dan transkip nilai (dilegalisir) tiga rangkap, foto kopi KTP tiga lembar dan foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak empat lembar.

Program Studi yang ditawarkan oleh Fakultas Agama Islam merupakan program studi andalan yang familiar di telinga masyarakat. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dikomandoi oleh Dr. Anshar Abdullah, M.Pd menargetkan luaran yang mampu berkompetensi di dunia pendidikan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang dikomandoi oleh Dr. Hasbi Lambe, M.Pd menargetkan luaran pendidik madrasah ibtidaiyah yang kompeten dan andal. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang diimami oleh Dr. M. Nasir, M.H.I menargetkan luaran yang mampu bersaing di industri media dan komunikasi. Prodi Ekonomi Syariah (ESy) yang dipimpin oleh Heri Iswandi, M.E. Dan Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) yang merupakan pendidikan kader Ulama Tafsir yang dimotori oleh H. Mubarak Bakry, Lc, M.Th.I. Kelima program studi tersebut merupakan program studi yang diharap dapat memberi kontribusi signifikan bagi umat dan pendidikan masyarakat.


Fakultas Agama Islam UIM yangi dimanajerial oleh WD I, Muh. Fihris Khalik, MA., Ph.D, WD II, Masri S, M.Th.I dan WD III, Drs. KH. Abd. Kadir Saile, M.Th.I merupakan fakultas andalan UIM karena memberi kontribusi atas dinamika dan citra kampur Qur’ani yang merupakan tagline andalah kampus NU tercinta ini. Berdasar kalender akademik UIM, pendaftaran gelombang pertama akan dibuka dan berlaku Mei hingga Juni 2020. Tes tertulis akan digelar Juni 2020 disusul tes wawancara.

Translate »